Kamis, 10 Desember 2015

MENGOBSERASI GAME


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Games adalah sebuah permainan yang bisa menggunakan media elektronik maupun tradisional yang berfungsi untuk membuat pelakunya menjadi senang dan puas. Dalam hal ini saya akan membahas tentang video games elektronik.
Video games adalah permainan yang dimainkan di media elektronik dengan menggunakan kontrol berupa console, hp , pc , dan game arcade
B. Identifikasi Masalah
      Masalah yang sering terjadi dalam game adalah banyak yang menyalah gunakannya, contoh:  banyak orang yang kecanduan terhadap game mau itu game online atau game offline
C. Perumusan dan Pembahasan Masalah
     Dalam observasi ini, terdapat beberapa rumusan  masalah sebagai berikut :
     1. Apakah manfaat dari bermain game?
      2. Mengklasifiksasikan Game
Pembahasan masalah
1.      manfaat dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:
      a.      Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
      b.      Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers       lainnya secara multiplayer
      c.       Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
      d.      Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu                                      menguasai  permainan.
      e.      Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan                                    masalah atau  tugas
      f.        Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama                                  anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
      g.      Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
      h.      Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin                                      komunikasi satu sama lain.
      i.        Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuhan.

 
2. Klasifikasi Games
Klasifikasi games bisa dipecah dalam beberapa hal seperti genre , platform , playernya :


Berdasarkan Genre :

1.Action

Action adalah genre yang membutuhkan reflek dan ketepatan pada saat memainkannya , genre ini lebih cenderung kepada fighting adapula cerita namun yang ditekankan disini adalah actionnya . Contohnya adalah Elsword, GrandChase
2.Sports
Sports adalah genre yang bertemakan tentang olahraga, disini bisa bermacam macam, mulai dari sepak bola , basket , renang , golf dan lain - lainnya . Contohnya seperti : PES , Pangya
3.Racing
Dari namanya sudah jelas racing, siapa sampai duluan di garis finish dialah pemenangnya! Terkadang malah pemain dapat memilih kendaraan, mendandani, upgrade mesin bahkan mengecatnya. Contoh: Need for Speed , DIRT , F1
4.Adventure 
Genre ini lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk didalamnya:
Contoh : Final Fantasy , Legend of Legaia, Dragon Quest.
5.Simulasi
Genre ini menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, menerbangkan pesawat , kereta api dan lainnya.Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Train Simulator, The Sims.
6.Strategi
Genre ini lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana. Video game strategi biasanya memberikan pemain atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusal pelatihan tempur, tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama dan santai dibandingkan game action. Unsur-unsur permainannya biasanya berkisar sekitar, prioritas pembangunan, peletakan pasukan, mencari dan memanfaatkan sumberdaya (uang, besi, kayu,minyak,dll), hingga ke pembelian dan peng-upgrade-an pasukan atau teknologi. Contoh : Warcraft , Starcraft, Age of Empires , Battle Realms.
7.Puzzles
Genre ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Tetris, Minesweeper, Bejeweled.
8.Card Game
Genre ini bisa dikatakan turunan dari strategy , game ini menggunakan kartu sebagai medianya, pemain menjalankan giliran secara bergantian dengan mengatur strategy nya masing masing. Card game ini bermacam macam dari yang kompleks seperti Yugi Oh! , Cardfight Vanguard sampai ke permainan keluarga seperti UNO.
9. Role Playing
Dalam genre ini kita bermain seolah menjadi pemeran utama ataupun membuat karakter kita sendiri di dalam game tersebut,  karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain ( biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh, dll) dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin kuat, ataupun jumlah teman maupun mahluk peliharaan.
Genre seperti ini lebih enak dimainkan dengan multiplayer online karena bisa berinteraksi dengan player lainnya seperti Perfect World , RO .
Berdasarkan Platform 
1. Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2. PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
3. Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5. Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
Berdasarkan Player
Kalau dari player bisa dikategorikan lagi pertama dari banyaknya pemain , lalu dari usia pemainnya.
Kalau dari banyaknya pemain, ini diklasifikasikan menjadi 3 bagian yaitu :
1. Single Player
Ya sesuai klasifikasinya, game ini dimainkan oleh satu pemain, game seperti ini biasanya bergenre Adventure dan Simulasi
2. Multiplayer
Game multiplayer membuat kita bisa bermain dengan banyak orang , seperti game racing , strategi , card game , action , dan sports
3. Massive Multiplayer
Ini lebih besar dari multiplayer , biasanya ini adalah game online yang membutuhkan banyak orang untuk memainkannya seperti RF Online , Perfect World .
Software pembuat game
1.Game Maker
Merupakan aplikasi pembuat game paling populer karena bukan hanya enteng tapi aplikasi ini tidak membutuhkan scripting yang membuat pusing. Software ini dapat digunakan dari level pemula sampai expert , karena bagi pemula terdapat tutorial yang berguna untuk pembuatan gamenya. Untuk pengembangan lebih lanjut tergantung imajinasi dari pembuatnya saja.
Website Software : https://www.yoyogames.com/studio
2.Unity 3D
Aplikasi ini juga bisa dikatakan aplikasi pembuat game yang paling populer. Bila Game Maker untuk pembuat game yang tidak bisa scripting maka Unity 3D untuk pembuat game yang Expert . Keuntungan adalah gamenya bergrafis bagus dan gameplaynya pasti manstab tapi sayang, aplikasi ini membutuhkan script yang tentu saja sulit dan software ini cukup mahal lisensinya.
Website Software : https://unity3d.com
3.FPS Creator
Software  ini dikhususkan untuk membuat game bergenre FPS ( First Person Shooter ). Sayang, grafiknya tidak sebagus game FPS yang populer tetapi bila anda kreatif, gameplaynya bisa mengalahkan grafik.
Website Software  :  www.fpscreator.com/
D. Tujuan Observasi
Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui tentang game
 
E. Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi pecinta game
 
F.   Metodologi Observasi
1.     Objek Observasi
a.    Tempat Observasi :Penelitian ini dilakukan di Warnet
b.    Waktu Observasi Observasi ini dilaksanakan pada,
Hari          : Selasa
Tanggal     : 1 September 15
Waktu         : Pukul 15.30-16.30 WIB
 
2.     Metode Pengumpulan Data
         Data observasi ini dikumpulkan melalui catatan lapangan. Catatan observasi dipergunakan untuk mengetahui game yang ada di warnet.
Sutrisno Hadi (1986) mengemukakan bahwa observasi merupakan suatu proses yang komplek, suatu proses yang tersusun dari berbagai proses biologis dan psikologis. Dua di antara yang terpenting adalah proses-proses pengamatan dan ingatan
Teknik pengumpulan data dengan observasi digunakan bila penelitian berkenaan dengan perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan bila responden yang diamati tidak terlalu besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar